Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Ide Cemerlang Tentang Masa Depan Komunitas Facebook Anak Siantar

BECAK SIANTAR | Ide Cemerlang Tentang Masa Depan Komunitas Facebook Anak Siantar - Kami terkejut membaca salah satu status anggota Group Facebook Anak Siantar yang isinya :

"JIKA INGIN BERNIAT MEMAJUKAN KOTA SIANTAR..TINGGALLAH DI SIANTAR..MENETAPLAH DISANA..BUKAN HANYA SEKEDAR KOMENT LEWAT INTERNET..TANPA PERNAH MENGHASILKAN SEBUAH FAKTA.....[ agatha suar sair .com]" (Status group, 8/7 jam 20:44).

Sekilas dari status tersebut memang sangat menyindir, namun sebenarnya tujuannya adalah baik yaitu untuk memajukan Kota Siantar dan Kemajuan Group Facebook Anak Siantar. Menurut Becak Siantar, Group Anak Siantar haruslah memiliki tujuan yang jelas. Memiliki konsep yang jelas, apakah dibuat hanya untuk menulis unek-unek saja atau hanya sekedar silaturahmi tanpa ada tujuan yang membangun? Atau ...? (silahkan dijawab sendiri yah).

Salah satu Kegiatan Sosial dari Group Anak Siantar
Dari status tersebutlah Becak Siantar mengeluarkan Ide Cemerlang Tentang Masa Depan Komunitas Facebook Anak Siantar. Adapun ide itu adalah :
1. Tujuan (Misi dan Visi)
Mengingat karena anggota dari Group Facebook Anak Siantar sudah mencapai 7.000 an anggota, sebaiknya dibuat Tujuan dari group ke depannya. Seperti Misi dan Visi apa supaya arah Komunitas Group jelas dan terarah.

2. Data Semua Anggota
Admin Group Anak Siantar sebaiknya mendata semua anggota, baik nama lengkap, jenis kelamin, asal kota dimana tinggal, Akun Facebook yang dipake di group apakah ada 1 atau 2 akun.

Dipertanyanyakan juga alasan ikut bergabung apakah karena keluarga tinggal di Siantar, atau hanya partisipan.

3. Buat Sekretariat
Untuk membawa Group Anak Siantar kearah nyata (bukan dunia maya lagi) sebaiknya dibuat sekretariat pusat (kantor). Tentukan admin (pegawai) Group Anak Siantar. Berapa jumlahnya di pusat. Selanjutnya tentukan sekretariat cabang di kota-kota (bila memadai).

Bila memang semua sudah jelas, maka buatlah badan hukum seperti Yayasan atau LSM. Buat saja Komunitas Group Facebook Anak Siantar atau apalah sesuai kesepakatan.

Keuntungan sekretariat : bila perantau (anggota) ingin pulang ke kampung halaman sementara bisa tinggal di sekretariat bila kemalaman atau bila ingin berkunjung ke sekretariat. (Hehehe)

4. Iuran / Donatur
Pada dasarnya semua kegiatan selalu membutuhkan dana demi kemajuan organisasi. Sebaiknya tarik iuran demi kemajuan Group dan kesejahteraan Admin. Tidak menutup kemungkinan mencari donatur.

Bayangkan bila 50% dari anggota yang tercatat saat ini ditarik iuran sebesar Rp 10.000 (nilai minimal transfer via bank) per bulan maka sudah terkumpul 30juta (untuk 3.000 anggota yang dikutip) per bulan belum termasuk lagi donatur.

Bagaimana dalam 1 tahun dan selanjutnya...(yuk kita hitung sama-sama)

Hasil dari iuran / donatur ini lah dialokasikan, misalnya :
  • Gaji Admin 10% dari iuran
  • Biaya-biaya administrasi 10% (sekretariat berupa biaya internet per bulannya dan biaya-lain yang diperlukan)
  • Sisanya 80% bisa disimpan di bank, dan selanjutnya bisa digunakan untuk Sosial dan pembangunan Kota Siantar.
Bila ini maju tidak menutup kemungkinan Komunitas Group bisa membuka usaha sebagai alat pencari dana demi kemajuan group.

5. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
Benamkanlah di dalam diri kita masing-masing jiwa yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya, dan bukan memanfaatkan (penipuan).

Apabila Ide Cemerlang Tentang Masa Depan Komunitas Facebook Anak Siantar ini bisa terlaksana maka membantu untuk membangun Kota Siantar, bahkan bisa membuka Lapangan Kerja ke depannya. Mungkin ada pertanyaan, tidak mungkin bisa? Kenapa tidak, kalau kita lakukan dengan serius dan jujur pasti bisa, apalagi tujuan kita mulia dan tentunya ditemani oleh Tuhan, kami rasa bisa. Kini saatnya untuk serius dan maju.

Sebelumnya Becak Siantar mohon maaf yang sebesar-besanya bila melangkahi kekuasaan Admin Group, ini hanya Ide Cemerlang Tentang Masa Depan Komunitas Facebook Anak Siantar. Semoga bermanfaat. Salam Siantarmen. Horas. [Becak Siantar].
loading...

1 comment :

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.