Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Inilah Misteri Tempat Pengasingan Soekarno di Parapat

BECAK SIANTAR | Inilah Misteri Tempat Pengasingan Soekarno di Parapat - Parapat adalah wilayah di tepian Danau Toba, Sumatra Utara. Kota ini seakan menjadi saksi bisu guratan sejarah bangsa Indonesia. Saksi bisu penderitaan yang dialami proklamator Bung Karno.

Sebuah rumah sederhana berdinding kayu yang dihadapkan pada panorama Toba pun seakan menjadi sejarah tidak terlupakan bagi Bung Karno. Hanya sedikit yang tahu jika pada akhir tahun 1948, tokoh proklamator itu pernah menjalani pengasingan di gubug reyot itu. Pengasingan selama 22 hari oleh pemerintah Belanda, tanpa alat elektronik dan alat komunikasi.

Hampir 60 tahun berselang, namun gubug reyot itu masih berdiri kokoh di tepian Toba. Hanya saja, gubug pengasingan itu tak lagi reyot. Gubug itu kini menjelma sebagai sebuah wisma megah yang difungsikan untuk menyambut tamu-tamu kehormatan Pemprov Sumatra Utara.

Bekas gubug reyot itu dibangun dua lantai dengan empat kamar tidur yang cukup luas. Memasuki wisma tersebut, pengunjung akan diajak mengenal lebih dekat sosok Bung Karno. Berbagai foto dan kenangan Bung Karno selama berada di pengasingan terpasang di dinding-dinding wisma tersebut.

Seiring dengan perjalanan sejarah, wisma pengasingan itu lantas memunculkan misteri tersendiri bagi pengunjungnya. Tetap Suparto (40), penjaga wisma tersebut, mengungkapkan banyak cerita misteri yang seringkali mewarnai keberadaan gubug bekas tempat tinggal Bung Karno itu.

Kalau malam, banyak pengunjung yang sering mendengar suara-suara dan langkah kaki dari ruang pertemuan yang dulu dipakai Bung Karno,” ujarnya. Bahkan, pengunjung yang menginap pun tak jarang mengalami tindihan. Tak hanya itu, Tetap Suparto lantas menunjukkan sebuah foto yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.

Foto itu memperlihatkan gambar depan wisma Bung Karno dengan sebuah bayangan yang menampilkan sosok perempuan berambut hitam panjang, dengan gaun putih. Wanita itu berdiri menggantung tanpa kaki. “Ini yang memberi turis yang penasaran setelah memfoto bagian depan kok muncul bayangan ini,” tutur pria yang telah bekerja di wisma tersebut selama 18 tahun.

Meski banyak misteri yang menyelimuti wisma pengasingan Bung Karno ini, namun Tetap Suparto bersyukur dirinya tidak pernah menemui langsung hal-hal gaib itu. Padahal dia, istri dan empat anaknya sudah belasan tahun tinggal di kompleks tersebut. “Mungkin sudah jodoh kali ya,” pungkasnya.

Demikian tulisan tentang Inilah Misteri Tempat Pengasingan Soekarno di Parapat. [Becak Siantar]

Referesnsi :
Parsadaan Ni Halak Batak
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.