Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Danau Toba Masuk Jaringan Wisata Bali

BECAK SIANTAR - Danau Toba Masuk Jaringan Wisata Bali. Masuknya kawasan Danau Toba dan Provinsi Sumatera Utara dalam kesepakatan wisata kembar dengan Provinsi Bali diyakini dapat memperkuat daya tarik kepariwisataan nasional di mancanegara.

Danau Toba Masuk Jaringan Wisata Bali
Danau Toba Yang Indah
Hal tersebut diisyaratkan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika pada penandatanganan kerja sama (MoU) Destinasi Wisata Kembar Bali-Danau Toba di Sanur, Bali akhir pekan ini.

Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho diwakili Sekda Provinsi Sumut H Nurdin Lubis pada acara yang dimeriahkan pagelaran seni dan budaya Sumut berupa "North Sumatera Culture Night" juga optimistis Bali dan Sumut saling mendukung di masa depan.

"Kami yakin para wisatawan mancanegara (wisman) yang memenuhi Bali akan tertarik untuk diteruskan paket kunjungan mereka ke Sumut, terutama ke Danau Toba," ujar Gubernur Bali melalui Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subhiksu .

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Sumut H Naruddin Dalimunthe mengemukakan kerja sama Sumut dan Bali ini diparaf Sekda Provinsi Sumut dan Kadis Pariwisata Bali untuk selanjutnya akan ditandatangani Plt Gubernur Sumut dan Gubernur Bali dalam waktu dekat di kawasan Danau Toba.

Bupati Samosir Ir Mangindar Simbolon yang juga hadir malam itu bersama para pejabat yang mewakili 6 kabupaten lainnya di kawasan Danau Toba menyatakan kesediannya menjadi tuan rumah pada acara penandatanganan Mou yang telah diparaf Sekda Provinsi Sumut dan Kadis Pariwisata Bali ini nanti.

"MoU ini Insya Allah lebih melejitkan Program Destinasi Wisata Kembar," ujar Naruddin Dalimunthe pada acara yang juga dihadiri Ketua ASITA Bali I Ketut Ardane dan sejumlah praktisi biro travel, perhotelan dan kalangan industri kepariwisataan bonafit di Bali.

Gubernur Bali melalui Kadis Pariwisata Bali menyambut baik kerja sama provinsi kembar dalam hal promosi pariwisata yang dinilai sama-sama menguntungkan. "Apa yang menjadi kelebihan di Bali akan diberikan ke Sumut, demikian juga sebaliknya. Kami melihat potensi Sumut cukup bagus juga," kata Ida Bagus.

Dia berpendapat, ke depan pengembangan pariwisata di Bali khususnya dalam wisata alam diharapkan bisa memiliki kemiripan. "Bali punya pusat informasi wisatawan yang bisa digunakan lebih banyak mempromosikan Sumut, sehingga mereka tidak perlu pergi promosi pariwisata jauh-jauh," ucap dia.

Sekda Provinsi Sumut H Nurdin Lubis optimistis kerja sama ini meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. "Kami melihat potensi kepariwisataan Bali yang sangat maju. Kami berharap Bali dapat memberikan pembelajaran dan turut mempromosikan pariwisata di Sumut," ujarnya.

Menurut dia, rata-rata kunjungan wisman ke Sumut tiap tahunnya hanya berkisar 300 ribu orang, terpaut jauh dengan Bali yang tingkat kunjungan turis asingnya hingga tiga juta orang per tahun. "Dengan MoU yang berisi pengaturan tujuan wisata kembar ini, kami harapkan bisa mendongkrak jumlah wisatawan yang berkunjung ke Sumut, khususnya ke kawasan Danau Toba," katanya.

"Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia sehingga kami optimistis apabila pihak Bali mensinerjikan paket wisman yang cukup besar di dunia, dan para turis akan berdatangan ke Sumut. Begitu juga khasanah kebudayaan Sumut dan heterogenitas lainnya. Bisa dikatakan apabila turis berkunjung ke Sumut berarti telah mengunjungi Indonesia secara utuh," ucap dia.

Dalam acara tersebut juga hadir Direktur Perencanaan Destinasi dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DR Lokot Ahmad Enda Siregar dan sejumlah pejabat eselon II Pemprov Sumut diantaranya Assisten Perekonomian DR Hj Sabrina dan Staf Ahli Gubernur Sumut DR H M Arsyad Lubis.

Juga ikut menyemarakkan suasana Putri Indonesia asal Sumut Eva Sianipar.

Sumber : Pemprov Sumut
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.