Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Tahukah Bahwa Orang Batak Jago Nyanyi?

BECAK SIANTAR - Tahukah Bahwa Orang Batak Jago Nyanyi?. Tulisan yang anda baca ini pernah dipublikasikan di sebuah media online kompasiana.com. Lalu dipublikasikan lagi di sebuah blog yantibatax. Sepertinya tulisan mengenai Orang Batak Jago Nyanyi pantas juga dipublikasikan disini. Ya sudah, kawan-kawan lebih lanjut simak yah di bawah ini.

Orang Batak Jago Nyanyi
Fatin Lubis dan Novita Dewi Marpaung - Dua Gadis Batak yang Berkompetisi di The X Factor Indonesia sebagai Juara 1 dan 2 yang baru-baru ini disiarkan oleh RCTI - Foto : hariansumutpos.com
Orang batak jago nyanyi? Bener tuh? Ya, benerlah! Udah seantero Indonesia mengakuinya. Selain suku Batak ada juga suku lainnya yang jago nyanyi. Contohnya, Ambon sama Manado. Orang Batak bisa memiliki suara yang bagus dan lantang dikarenakan, zaman dulu khan rumahnya berjauhan tuh dari gunung ke gunung yang lain. Nah, otomatis dibutuhkan suara yang keras kalau saling berkomunikasi. “Woiii!!!”. Makin lama pun suara mereka makin terasah makin lantang apalagi dalam bernyanyi. Yah, itu hanya sekedar anggapan berdasarkan kenyataannya. Logika juga, sich ^_^.

Oia, ada anggapan juga mungkin ini lebih logika, copas dari forum FB. Ternyata orang-orang Batak kebanyakan memiliki rongga sinus wajah yang relative lebih besar daripada orang-orang pada umumnya. Nah, untuk pemahaman lebih lanjut mungkin sama orang yang mengerti aja yah? Dokter mungkin, hihihi.

Hihihi… Kalau bicara dengan orang yang sudah meninggal saja pake acara menangis tetapi seperti bersenandung indah gitu. Namanya mangandungi. Kalau, meninggal memang keluarga itu jarang sekali hanya sekedar menangis biasa harus lebaylah.

Artis Batak itu banyak menyebar di Indonesia, bener gak? Sampai ada singkatannya GEROBAK PASIR (Gerombolan batak payah diusir). Ahaha, enggak juga sich itu hanya sekedar julukan bagi orang batak yang jugul atau bandel. Eh, tapi emang bener khan artis batak itu banyak banget di Indonesia? Ditambah lagi artis Batak tidak seperti artis lainnya yang bermodalkan tampang. U know lah… Amuba (Asli muka batak). Bangga jadi orang batak. Jarang artis batak yang abal-abal, semuanya berkualitas! Suaranya khas.

Oia, tahun 70-80an kalau gak salah adalah tahun keemasan untuk artis batak. Kalau dengar nama penyanyi jaman dulu, ga sedikit yang dibelakang namanya ada marganya batak pula. Iya khan? Akui aja. Contohnya, Edy Silitonga, Victor Hutabarat,Berlian Hutauruk, Rita Butar-butar, Christin Panjaitan dan masih banyak lagi yang tidak mungkin dibuatkan daftarnya padapostingan ini (Hehehe).

Harus diakui suara orang batak memang emas sekali. Dan penyanyi Batak sudah banyak bersumbangsih pada bidang hiburan tanah air. Tidak hanya soal suara, ada artis batak yang mampu mengaransemenkan gabungan batak tradisional dan moderen yaitu Vicky Sianipar.

Emangnya cuman penyanyi Batak aja yang suaranya bagus? Salah! Yang enggak penyanyi juga suaranya bagus. Contohnya, bapak-bapak parmitu (hehehe). Bakalan minum tuak itu sambil petik gitar terus nyanyi kencang-kencang. Terkadang gaya rock n roll.

Oia, kalau ada yang bilang jaman sekarang penyanyi batak sudah makin pudar jejaknya di dunia hiburan. Ada benarnya juga sich. Tidak seperti tahun 70-80an. Itu mungkin dikarenakan orang-orang batak jika merantau sudah memiliki banyak opsion. Tahu apa? Jadi pengacara, supir kopaja dan lain-lain. Hehehe…
Tapi, tak apalah mengenai anggapan itu. Tahu Indonesian Idol gak? Bagus juga itu, kesempatan emas bagi orang batak untuk kembali membuktikan suara emasnya. Dan dari Indonesian Idol pula sudah banyak penyanyi-penyanyi batak bermunculan. Joy Tobing, Bona Hutahaen, Judika Sihotang masih buanyaaakkk lagiiii….

Oia, jaman sekarang dengan mudahnya suara jelek bisa diubah jadi kedengaran bagus khan? Dalam keadaan live aja, artis suara jelek gak perlu kelimpungan soalnya bisa diakal-akalin khan? Kalau artis batak? Mudah-mudahan enggak. Tahu khan jaman 70-80an itu teknologi masih kuno banget. Tapi coba liat!!! Emang bisa bikin luluh kelantangan suara mereka (penyanyi batak) ???. Makin bangga sama penyanyi batak! Fisik gak penting, tapi suarany WOW!

Semoga penyanyi batak masih bisa menggebrak dunia hiburan di Indonesia yang sudah terlalu banyak di tempeli oleh penyanyi suara biasa fisik oke. Hmmmm…. :roll:
Uhft, ngetes suara dulu aahhh… do do do…. (ahahahaha)
‘Oh tano batakkkk…..!!!!!!!!!!!!!’ Horas.

Sumber: www.kompasiana.com dan http://yantibatax.blogspot.com/2013/07/orang-batak-jago-nyanyi.html
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.