Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Jelang Pesta Danau Toba 2013

BECAK SIANTAR - Jelang Pesta Danau Toba 2013. Festival Danau Toba (FDT) 2013 akan kembali dihelat pada 8-14 September 2013 di Sumatera Utara dan tahun ini Kabupaten Samosir menjadi tuan rumahnya. Mengusung tema “Arga do Bona ni Pinasa”, FDT 2013 direncanakan berpusat di Pulau Samosir, tepatnya di Pantai Wisata Batu Hoda, Desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo, kawasan Tuktuksiadong (Bukit Beta) dan kawasan Open Stage Pangururan di Pasir Putih Parbaba.

Pesta Danau Toba 2013

Dalam festival di danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara ini, sejumlah kegiatan seni, budaya, dan olahraga tradisional, lomba produk kuliner, dan lainnya akan digelar. Dalam bidang seni misalnya, akan ada lomba tari tortor, menyanyi vocal grup dan solo, cipta lagu, cipta musik gondang tradisional, drama (sendratasik), mengukir, memahat, dan menenun ulos.

Di bidang budaya akan ada kompetisi bercerita, marumpasa, maminta godang, martumba, uning-uningan, senandung (mangandung), pajangan ulos (mencari ulos original/kuno), pakaian tradisional (fashion show ulos), dan lainnya.

Selain itu, akan digelar juga olah raga tradisional margala (petak umpet), marjalekat (engrang), mangukor/marhonong (menyelam), marlange (berenang jarak jauh), volly pantai, solu bolon (sampan besar yang mengelilingi Danau Toba), solu parsada-sadaan, solu parduaduaan, dan dragon boat.

Pada saat yang sama, hotel, homestay dan desa akan terus sibuk membersihkan lingkungan hotel dan desa-desa sekitar. Aksi menanam pohon juga menjadi salah satu agendanya. Bahkan, akan ada kompetisi pemilihan desa wisata. Tak ketinggalan ada pula pemilihan Putri Danau Toba dan duta wisata Samosir. Selama berlangsungnya event, penampilan artis-artis terkenal akan turut memeriahkan suasana dan menjadi hiburan bagi pengunjung.

Festival Danau Toba (FDT) sudah digelar sejak tahun 80-an dan mengundang perhatian wisatawan lokal bahkan kini diarahkan untuk menarik wisatawan internasional. Oleh karena itu, event yang biasanya berlangsung pada Juni, kini dijadwalkan pada September dengan mempertimbangkan kalender internasional.

Terletak di jantung Sumatera Utara, Danau Toba merupakan wisata alam yang menyuguhkan panorama alam mengesankan. Danau terbesar kedua di dunia dengan luas 1.145 kilometer persegi ini menjadi ikon bagi Provinsi Sumatera Utara dan menjadi saksi serta menyokong peradaban masyarakat sekitar. Pulau Samosir yang terletak di tengah-tengah Danau Toba diyakini sebagai tempat kelahiran semua suku Batak yang sekarang tersebar di Sumatera Utara.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman berikut. www.mahasiswabatak.com.
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.