Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Akan Kah Bahasa Batak Punah - Dinamika

BECAK SIANTAR | Akan Kah Bahasa Batak Punah - Bahasa Batak Adalah Bahasa Yang Sempurna. Tulisan ini hanya bahan pertimbangan dan bahan acuan saja mengenai Bahasa Batak. Oh iya, tulisan ini diambil dari Catatan-catatan yang ada di Group Facebook Anak Siantar.

Manortor / Menari
Manortor / Menari sambil bercenkrama suatu kebasaan yang terjadi saat ada acara atau Pesta - Sumber Foto : Google

Akan Kah Bahasa Batak Punah - Bahasa Batak Adalah Bahasa Yang Sempurna
Ada pepatah mengatakan bahwa BAHASA MENUNJUKKAN BANGSA.
Saya setuju dengan pepatah itu. Oleh karena itu, kalau kita mau memahami budaya suatu daerah,terlebih dahulu kita harus memahami tatanan bahasa di daerah tersebut.
Demikian juga dengan budaya batak, kalau kita mau memahami budaya batak, maka kita mulailah dengan pemahaman tatanan bahasa batak. Adalah mustahil kita memahami budaya batak secara utuh, kalau kita tidak memahami/mengerti tatanan bahasa batak yang benar.

Menurut saya, yang paling disayangkan adalah semakin merosotnya pengguna bahasa batak baik dari segi jumlah maupun presentase. Dan yang paling tragis, untuk belajar tatanan bahasa batak yang benar saja sangat sulit ditemukan. Apabila kondisi ini dibiarkan terus berlanjut, sangat besar kemungkinanya bahasa batak akan punah. Dengan sendirinya budaya batak pun akan punah, tinggal catatan sejarah.

Menurut pengamatan saya, bahasa batak tidak pantas dibiarkan punah, karena bahasa batak adalah salah satu bahasa yang sempurna, dengan alasan sebagai berikut;

Pertama : Arti sebuah kosa kata dalam bahasa batak lebih beragam dan lebih dalam maknanya
Arti sebuah kosa kata dalam bahasa batak lebih beragam dan lebih dalam maknanya. Kosa Kata Bahasa batak, diperjelas artinya dengan intonasi pengucapan dan infeksi kata (imbuhan), dalam sebuah sintaks kalimat yg utuh . Dengan kata lain, maksud dari sebuah kosa kata tergantung dari susunan(rangkaian) kata kata dan intonasi dan infeksi pengucapan dalam sintaks kalimat yang utuh.Salah satu contohnya; kosa kata 'SADA'' dlm kalimat berikut:

*'' SADA do horbo nami". Artinya: ''Kerbau kami SATU ekor''.
*"Tu SADA i maho". Artinya : "Kamu geser ke sebelah sana". atau bisa juga ekspresi kemarahan.

Sebelum mengucapkan sebuah kalimat, kita harus memahami betul dalam pikiran kita apa yang akan kita utarakan baru diucapkan. Kalau tidak, bisa lain pengertian yang diterima oleh pendengarnya.
Jadi diperlukan kemampuan ; kognitif (Intelegentia)dalam merangkai sintaks kalimat, impresif dalam pemahaman makna, ekspresif dalam pengucapan sebuah kalimat.

Kedua : Bahasa batak, adalah bahasa terbuka
Bahasa batak, adalah bahasa terbuka. Dalam artian, kita dengan mudah memadukan/menyelipkan kosa kata (vocab) bahasa asing dalam kalimat bahasa batak, seandainya tidak ada dalam kosa kata bahasa batak. Jadi, bahasa batak pasti bisa mengikuti perkembangan Zaman. Contohnya bisa dilihat penggunaan bahasa batak di daerah daerah sidikkalang, siantar, tanah jawa, dan lain lain. Bahasa batak mampu beradaptasi dengan lingkungan pemakainya, meskipun terjadi pergeseran makna kosa kata.
Jadi, Bahasa batak sebenarnya dengan mudah dapat mengadopsi kosa kata bahasa asing menjadi bagian dari kosa kata bahasa batak.

Mungkin masih banyak nilai nilai positip lainnya tentang bahasa batak. Bagi saya, cukup dua alasan diatas yang membuat bahasa batak adalah bahasa yang sempurna. Akankah dibiarkan punah ??????

Demikian tulisan mengenai Akan Kah Bahasa Batak Punah - Bahasa Batak Adalah Bahasa Yang Sempurna. Jangan lewatkan tulisan atau cuplikan yang menarik lainnya dari Becak Siantar. [Becak Siantar]
loading...

1 comment :

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.