Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online

BECAK SIANTAR - Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online. Dunia Maya atau Internet bukan hanya sekedar mencari informasi belaka. Namun fungsinya banyak sekali. Yah... Multi fungsi. Dan salah satu yang bisa dilakukan dalam dunia Internet adalah Berjualan atau yang biasa disebut Bisnis Online. Dalam dunia Bisnis Online ini, tidak sedikit yang dirugikan dan diuntungkan. Oleh karena itu diperlukan cara atau Tips yang ampuh bila ingin menggeluti dunia bisnis online.

Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online
Ilustrasi - Bisnis Online
Kita tahu, bisnis online sudah begitu marak di internet. Ada yang jujur, ada yang tidak jujur. Bahkan ada pula yang hanya mencari keuntungan belaka dengan menipu para pembelinya. Sehingga, membuat para pembeli menjadi korban dan tidak percaya lagi berbelanja secara online. Becak Siantar mencoba memberikan Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online kepada kawan-kawan, mungkin bisa bermanfaat.

Simak dibawah ini mengenai Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online, seperti yang dilansir oleh Kompasiana.

1. Kenali

Sebelum memutuskan menjual motor melalui internet, saya memilah-milah media apa saja yang aman dan recomended yang bisa saya gunakan untuk memasarkan motor kesayangan saya, termasuk cara-cara berjualan online yang cerdas. Selain itu, saya juga mempelajari beragam modus-modus penipuan yang sering menimpa para penjual yang masih awam ketika berjualan via internet, karena saya tidak ingin menjadi korban penipuan berikutnya.

2. Jujur Mujur

Pada saat memasarkan motor kesayangan, saya berusaha jujur dalam mendeskripsikan keadaan motor saya. Hal ini saya lakukan untuk meminimalisir komplain dari pembeli maupun hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari. Mulai dari kelengkapan surat kendaraan, kondisi kendaraan, lokasi pertemuan bahkan sampai waktu yang memungkinkan saya untuk bertemu dengan calon pembeli juga saya cantumkan.

3. Berani dan Percaya Diri

Seperti kata The Corrs, If I don’t try and I don’t hope. Akhirnya setelah melawan rasa takut akan menjadi korban penipuan maupun sejuta keraguan yang datang silih berganti, saya beranikan diri untuk memasarkan motor kesayangan saya di sebuah toko online terkemuka. Ternyata memasang iklan via toko online cukup mudah. Pertama saya harus membuat akun dengan melampirkan alamat email sebuah media konfirmasi dan aktivasi akun, nomor telepon, deskripsi barang yang akan dijual, dan data-data lain yang diperlukan.Tak sampai sepuluh menit iklan sudah terpasang, tugas selanjutnya adalah menunggu calon pembeli. Sebagai penjual kita harus berani dan percaya diri sehingga kita memiliki bargaining power atau daya tawar ketika menghadapi calon pembeli yang kritis sekaligus untuk meminimalisir modus-modus penipuan.

4. Strategi

Seperti dalam The Art Of War yang ditulis oleh Sun-Tzu, strategi jitu dibutuhkan untuk memenangkan peperangan. Dalam hal ini, Saya juga menerapkan prinsip tersebut dalam menjual motor kesayangan saya, bagaimanakah caranya? Satu hal yang jarang kita perhatikan adalah penentuan waktu dalam memasang iklan. Saya memasang iklan mendekati liburan akhir pekan, dimana peluang orang akan membaca iklan saya semakin banyak. Dengan semakin banyaknya orang yang melihat dan membaca iklan yang saya pasang, maka semakin besar pula harapan dan peluang yang akan kita dapatkan. Pemilihan foto yang “eye catching” juga perlu dipertimbangkan, saya sengaja mengambil foto motor kesayangan saya setelah dicuci bersih, karena saya yakin bahwa pembeli akan lebih tertarik melihat motor saya yang bersih dan terawat daripada motor lain yang memasang gambar motor dalam keadaan kotor. Jangan lupa untuk melakukan resize foto hasil jepretan kita agar lebih cepat saat menguploadnya.

5. Sabar

Seminggu telah berlalu sejak saya memasang iklan di internet, meski banyak sms/telepon penawaran, tetapi belum ada penawaran pas. Saya sempat berfikir untuk menurunkan harga karena rata-rata penawaran yang datang kurang memuaskan. Tak jarang ada sms yang hanya menanyakan detil-detil keadaan motor saya, mulai dari kelengkapan surat, tangan keberapa, servis di mana, part apa saja yang diganti, ban merk apa dan lain sebagainya namun akhirnya tidak jadi membeli. Sms maupun telpon yang datang tidak mengenal waktu, bisa dini hari, pagi-pagi buta, atau pada saat jam sibuk bekerja dan sebagainya. Sebagai penjual saya menyadari saya menjalankan dua tugas yaitu sebagi sales sekaligus costumer service yang harus selalu siap menjawab beragam pertanyaan yang muncul dari calon pembeli. Kesabaran mutlak diperlukan ketika menjadi penjual.

6. Waspadai Modus Kejahatan

Tidak dapat dipungkiri, dimanapun pelaku kriminal selalu mengintai. Hal tersebut membuat saya harus selalu waspada dan tidak boleh lengah sedikitpun. Perlu saya tambahkan bahwa ada beberapa sms yang menurut saya merupakan sebuah modus penipuan yang antara lain sms tersebut berasal dari seseorang yang mengaku sudah sangat cocok dengan motor yang saya tawarkan, akan tetapi saya diminta menghubungi seseorang yang bergelar haji atau gelar akademis lainnya untuk menyepakati harga.

Beberapa hal lagi yang saya lakukan untuk meminimalisir penipuan, saya sengaja memilih lokasi yang ramai untk bertemu dengan calon pembeli, dan dalam hal ini saya yang lebih aktif memegang kendali untuk menentukan lokasi pertemuan. Saya selalu berusaha mengajak seseorang ketika menemui calon pembeli, sebagai langkah antisipatif dari kejahatan hipnotis ataupun modus kejahatan lainnya. Dan saya selalu mendahulukan agar calon pembeli melakukan uji coba motor saya baru kemudian saya memperlihatkan surat-suratnya.

7. Negoisasi

Setelah uji coba kendaraan selesai, surat-surat saya perlihatkan, barulah tahap tawar-menawar dimulai. Ketika berhadapan langsung dengan calon pembeli, tak pernah sekalipun saya memasang wajah sangar, minder atau takut. Style friendly murah senyum lebih disukai dalam negoisasi ini. Sebagai penjual Saya tidak kaku, namun juga tidak mau dikontrol oleh calon pembeli. Tak jarang kritik pedas datang pada saat negoisasi, mengenai cat yang mengelupas, sekrup karatan dan sebagainya yang pada muaranya akan dijadikan alasan untuk menurunkan harga, dalam hal ini tentunya saya juga mengimbanginya dengan argumen-argumen yang bisa diterima oleh akal sehat

Intuisi sangat diperlukan sehingga kita bisa memastikan posisi kita dan posisi calon pembeli tersebut. Dan setelah beberapa kali bertemu dengan calon pembeli, akhirnya motor saya terjual dengan harga pas dan pembelipun juga puas. Setelah barang terjual, jangan lupa untuk memasang keterangan sold atau terjual. Akhir kata selamat berbelanja online, solusi cerdas dalam berbelanja.

Demikian catatan dari Becak Siantar mengenai Tips Ampuh Bila Ingin Berbisnis Online. Salam Sukses. -- Becak Siantar.

Referensi :
Kompasiana
Sumber Foto
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.