Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Windows 8 dengan Komputer Lawas Kita

BECAK SIANTAR - Windows 8 dengan Komputer Lawas Kita. Setelah Microsoft meluncurkan Sistem Operasi (SO) terbarunya yang diberi label Windows 8, dan telah dipasarkan secara global (untuk Asia diluncurkan di Singapura, Kamis 25 Oktrober 2012), para pengguna / pemilik komputer lawas pun bertanya-tanya (saya sendiri salah satunya) Apakah SO Windows 8 bisa masuk / kompatibel dengan spesifikasi komputer yang lama?

Windows 8 dengan Komputer Lawas Kita
Logo Windows 8 - Foto : Kompas.com
Dari hasil temuan kami, baiknya jangan terburu-buru untuk menginstall SO komputer anda (lama) dengan SO Windows 8 terbaru ini. Karena apabila tidak kompatibel (sesuai) akan berakibat fatal. Lihat spesifikasi komputer milik anda apakah sesuai dengan windows 8 atau tidak. Apabila memang tidak sesuai, sebaiknya jangan. Lebih baik gunakan saja windows 7 atau windows sebelumnya. Toh masih bisa di gunakan.

Windows 8 dengan Komputer Lawas Kita
Memang diakui, bahwa untuk komputer atau laptop keluaran terbaru sudah tentu tak menjadi masalah dengan spesifikasi minimum pakai Windows 8.

Apabila anda ingin menjalankan Windows 8, sebaiknya pengguna melengkapi komputer atau laptopnya dengan prosesor 1GHz atau lebih cepat.

Pada Windows 8 versi 32-bit disarankan untuk menggunakan RAM minimal sebesar 1GB. Untuk versi di atasnya, 64-bit, pengguna lebih baik menggunakan RAM 2GB.

Nah, kedua syarat di atas sepertinya sudah bisa dipenuhi menggunakan SO Windows 8 bagi pengguna / pemilik komputer lawas macam saya.

Namun, jika menginginkan kecepatan komputasi yang tinggi dan cepat, sebaiknya pengguna disarankan menggunakan RAM di atas 2GB.

Perbedaan antara versi 32-bit dan 64-bit terletak di kemampuan pemanfaatan RAM. Versi 32-bit hanya mendukung RAM dengan kecepatan hingga 3GB. Sedangkan versi 64-bit bisa lebih besar dari 3GB.

Setidaknya dibutuhkan 16GB media penyimpanan untuk menjalankan Windows 8 versi 32-bit. Untuk versi 64-bit pengguna harus mengosongkan media penyimpanan hingga 20GB.

Ruang sebesar minimal 20 GB harus disediakan untuk instalasi Windows 8. Jumlah ini tentu tidak menjadi masalah untuk komputer-komputer lawas, yang rata-ratanya ukuran hard disk-nya sudah di atas 80 GB.

Windows 8 juga membutuhkan kartu grafis dengan fitur DirectX9 atau lebih tinggi, ini juga sudah bisa dipenuhi oleh kebanyakan komputer-komputer lama.

Untuk menjalankan Windows 8 dengan baik diperlukan monitor atau layar yang minimal mampu menghasilkan resolusi 1366 x 768 pixel.

Sepertinya persyaratan ini yang paling berat dipenuhi oleh pengguna yang ingin beralih ke Windows 8 karena masih cukup banyak komputer yang hanya punya resolusi 1024 x 768 pixel.

Demikianlah penggunaan windows 8 apabila anda ingin menggunakannya pada komputer lawas yang kita miliki. Semoga bermanfaat.

Referensi : Kompas.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.