Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Ombus-ombus Diharapkan Bawa Taput Lebih Dikenal

BECA SIANTAR - Ombus-ombus Diharapkan Bawa Taput Lebih Dikenal. Berita datang dari Tapanuli Utara (Taput) seperti yang dilansir langsung MetroSiantar. Ribuan masyarakat tumpah ruah di lapangan sepakbola Siborongborong untuk menyaksikan pesta ombus-ombus yang dilaksanakan Pemkab Taput, Minggu (21/7). Pemkab melaksanakan pesta ombus-ombus dengan harapan masyarakat lebih mengenal jajanan khas Siborongborong itu.

MetroSiantar
Bupati Taput Torang Lumbantobing bersama ibu-ibu warga Desa Siborongborong menunjukkan proses pembuatan ombus-ombus, Minggu (21/7).
Seluruh desa di Kecamatan Siborongborong dilibatkan dalam acara pesta tersebut. Para perwakilan desa sebelumnya masuk ke lokasi acara dan membawa ombus-ombus dengan kemasan yang berbeda-beda. Penganan itu diperlihatkan kepada warga yang hadir untuk kemudian diperlombakan.

Kue ombus-ombus tersebut dibuat dari tepung beras, diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. Kue itu dinamakan ombus-ombus karena saat memakannya harus mangombus (menghembuskan nafas). Baca Disini Mengenai Ombus-Ombus.

Pasalnya, kue ini enak dimakan saat masih hangat. Bupati Taput Torang Lumbantobing mengatakan, acara pesta ombus-ombus dilakukan untuk lebih mengenalkan jajanan khas Siboronborong kepada masyarakat luas, bahkan dapat menjadi semacam oleh-oleh yang dikenal secara nasional.

“Ada banyak daerah yang dikenal karena produk-produknya. Demikian juga ombus-ombus yang merupakan makanan khas di Siborongborong. Kita menginginkan kedepannya ombus-ombus akan semakin dikenal dan mampu meningkatkan perekonomian pedagang. Penganan ini juga diharapkan mampu membawa nama Taput dikenal, secara khusus di Kecamatan Siborongborong,” kata Torang kepada warga yang hadir.

Dia menambahkan, ke depan Pemkab Taput akan terus berupaya dan berperan untuk meningkatkan ombus-ombus menjadi jajanan yang digemari banyak orang.

Salah satu caranya mungkin dengan mengemas ombus-ombus agar lebih menjual. Kita pun tentunya akan terus berupaya menjadikan ombus-ombus menjadi semacam makanan ringan. Kita harapkan ombus-ombus ini juga dijadikan sebagai makanan ringan dalam setiap kegiatan pesta atau kegiatan lainnya” katanya.

Menurut Toluto, kegiatan ini juga diharapkan mampu memacu semangat pedagang ombus-ombus untuk meningkatakan perekonomian masyarakat.

Misalnya di Pangaribuan ada pesa manggadong (makan ubi), di Sipahutar ada pesta nenas dan pesta mangga di Muara. Semua kegiatan itu kita lakukan untuk memompa semangat masyarakat kita dalam bekerja dan dapat menjadikan hasil-hasil atau produk dari kecamatan tersebut meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Pada kegiatan itu, pedagang juga turut menjajakan dagangannya kepada Bupati Taput dan pejabat yang hadir. Para pedagang juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Taput karena telah turut mengenalkan dagangan mereka melalui pesta ombus-ombus tersebut.

Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dengan adanya pesta ombus-ombus ini. Kami juga berharap Pemkab Taput terus membina kami dan membuka sebuah koperasi yang nantinya dapat mengembangkan usaha kami dalam menjual ombus-ombus ini,” kata Karim Lumbantoruan, salah satu perwakilan pedagang ombus-ombus.

Sementara itu, Tigor Lumbantoruan, anggota DPRD Taput asal Siborongborong kepada METRO mengatakan, mengapresiasi acara pesta ombus-ombus yang dilakukan Pemkab Taput. Menurutnya, acara pesta ombus-ombus tersebut merupakan salah satu peranan pemkab untuk lebih mengenalkan makanan ini yang tentunya juga akan meningkatkan perekonomian para pedagang.

Dengan adanya pesta ombus-ombus ini kita harapkan akan menarik warga dari luar daerah untuk mencicipi jajanan khas Siboronborong ini. Dan tentunya harapan kita ke depan Pemkab Taput akan terus melakukan upaya untuk lebih mengembangkan ombus-ombus ini. Salah satu upaya itu tentunya sudah ada melalui acara pesta ini. Makanya kita sangat mengapresiasinya,” paparnya. (MetroSiantar)
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.