Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Orang Batak di Bali Kenalkan Tor-tor sebagai Budaya Indonesia kepada Wisman

BECAK SIANTAR - Orang Batak di Bali Kenalkan Tor-tor sebagai Budaya Indonesia kepada Wisman. Beragam cara dilakukan untuk memperkenalkan budaya bangsa kepada dunia internasional. Memanfaatkan momentum polemik Tor-tor yang diklaim Malaysia, Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) bergerak cepat dengan meyakinkan dunia internasional bahwa Tor-tor adalah milik Indonesia.

Orang Batak di Bali Kenalkan Tor-tor sebagai Budaya Indonesia kepada Wisman
Kompas
Ikatan Keluarga Batak Bali (IKBB) berinisiatif memperkenalkan tarian Tor-Tor kepada dunia internasional di tengah polemik atas klaim dari Malaysia. IKBB memilih pantai Kuta yang setiap harinya dipadati wisatawan asing untuk menampilkan tarian Tor-Tor.
Kawasan wisata Kuta merupakan lokasi strategis untuk mempromosikan Tor-tor di dunia internasional. Pantai yang menjadi salah satu tujuan utama wisata dunia ini setiap harinya dikunjungi ribuan wisatawan lokal dan asing. IKBB menampilkan tarian Tor-tor di bibir pantai Kuta lengkap dengan pakaian khas Mandailing dan diiringi alunan musik Gordang Sambilan.

"Kita protes ke Konsulat (Malaysia) sekaligus memperkenalkan seperti apa sih Tor-Tor termasuk ke wisatawan asing," jelas Yuri Nasution, penasehat IKBB disela-sela pertunjukan tari Tor-tor di pantai Kuta.

Sejumlah wisatawan asing yang melihat pertunjukan tar Tor-Tor dipinggir pantai ini menyempatkan untuk mengabadikan gambar para penari Tor-tor yang belum pernah mereka saksikan sebelumnya.

Sumber : Kompas
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.