Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Mantap! Kembangkan Pariwisata, Pemko dan ITB Jalin Kerjasama

BECAKSIANTAR.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Pariwisata terus berupaya agar jumlah wisatawan ke kota ini dapat meningkat, apalagi sehubungan dengan rencana pemerintah pusat menjadikan kawasan Danau Toba sebagai destinasi wisata nasional. Demi perkembangan pariwisata di Siantar, Walikota Pematangsiantar segera membentuk Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata.

Mantap! Kembangkan Pariwisata, Pemko dan ITB Jalin Kerjasama
Balai Kota Pematangsiantar (Metrosiantar.com)

Salah satu cara yang dilakukan adalah kerjasama yang ditandangani Walikota Siantar Hefriansyah, bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, di Gedung Sapta Pesona di Kementerian Pariwisata, pada Januari lalu. Pertemuan itu dihadiri perwakilan dari Asdep Regional, diwakili Kabid Pengembangan Area I, Wijonarko, Kasubbid Area IA Antariksa, Kasubbid Area IB Andhy Marpaung, Staf Subbid Area IB Artadi dan Nunung Rusmala.

Dalam pertemuan itu, Kementrian Pariwisata melalui Subbid Area I B Sumut menghasilkan kerjasama dalam bentuk Koordinasi dengan K/L terkait, seperti Kemenko Kemaritiman, Kemen PUPR dan Kementrian Perhubungan sebagai bentuk dukungan dari pusat kepada Kota Pematangsiantar. Disepakati juga, agar Subbid Sumut mengawal progress agar Kota Siantar mendapat DAK Pariwisata tahun 2019.

Langkah kedua yang dilakukan Kepala Dinas Pariwisata Fatimah Siregar adalah kerjasama dengan ITB. Ruang lingkup kerjasama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, perumusan kebijakan dan pengelolaan pembangunan.

“Pengembangan dan penelitian dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan dan pengembangan potensi SDM,” kata Fatimah Siregar, Senin (5/3).

Fatimah mengaku, kerjasama khususnya dengan ITB yang ditandatangani Rektor, juga menitik beratkan soal kajian dan konsultasi dalam rangka perumusan kebijakan, dan pengelolaan pembangunan untuk merencanakan pembangunan yang tepat, terarah, terpadu dan berkelanjutan.

“Tujuan kita adalah Kota Pematangsiantar juga menjadi tujuan utama wisatawan. Pengunjung pergi ke Parapat tetapi menginapnya di Pematangsiantar,” sebutnya.


Sumber: Metrosiantar.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.