Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Tapanuli Utara Kembali Diguncang Gempa Bumi

BECAKSIANTAR.COM - Wilayah Kabupaten Tapanuli Utara kembali diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu, 3 Maret 2018, pukul 09.48 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi berkekuatan 3,9 SR terjadi dengan koordinat episenter pada 1,91 LU dan 98,94 BT, tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km arah Barat Daya Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada kedalaman 10 km.

Tapanuli Utara Kembali Diguncang Gempa Bumi
Ilustrasi (Pixabay)n

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I, Edison Kurniawan, mengatakan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Tarutung dalam skala intensitas II SIG-BMKG (II-III MMI).

Gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara ini, jika dilihat dari lokasi serta kedalamannya yang dangkal, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) pada segmen Toru yang dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike-slip fault).

“Tampak bahwa gempa bumi ini murni disebabkan oleh aktivitas tektonik dan bukan akibat aktivitas vulkanik. Masyarakat di sekitar wilayah Tapanuli Utara diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” kata Edison.


Sumber: analisadaily.com
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.