Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Pengertian Latteung dan Perumpamaannya

BECAK SIANTAR | Pengertian Latteung dan Perumpamaannya - Pengertian Latteung dan Perumpamaannya. Tulisan ini terinspirasi dari ketikan-ketikan teman di Group Facebook Anak Siantar. Kata-kata Latteung kerap kali kita dengar di lingkungan kita, khususnya di Sumatera Utara (terutama suku Batak - heheheh kebenaran saya adalah orang batak). Apalagi istilah Latteung ini selalu diungkkapkan untuk menyindir.

Sebenarnya apa sih Latteung itu? Yuk kita simak dibawah ini Pengertian Latteung dan Perumpamaannya hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Pengertian Latteung dan Perumpamaannya
Latteung adalah sejenis tanaman terong-terongan. Daun dan batang tanaman Latteung ini sangat mirip dengan terong, tanaman yang sering di buat sayur atau di goreng dan di sambal menjadi lauk. Tanaman Latteung ini banyak di temukan di daerah Tapanuli, Sumatera Utara. Nama Latin dari Latteung adalah Solanum melongena. Perbedaan latteung dari terong adalah tanaman latteung berduri dari buah sampai dengan batang dekat akar.

Tanaman Latteung
Tanaman Latteung
Sebagian orang batak menganggap tananam Latteung tidak berguna (untuk saat ini). Biasanya Latteung ini banyak ditemukan di semak-semak dengan batang tananaman latteung pendek, makanya jika kita berjalan sering menginjak duri dari latteung ini. Karena sifat dari tanaman latteung ini tidak berguna bagi manusia, maka orang batak sering menggunakan istilah "Latteung" untuk menyebut seseorang yang mempunyai sifat jelek, "Eh tahe jolma latteung on!" maksudnya " Dasar manusia tidak berguna!"

Anda pernah dengan perumpamaan / istilah Latteung Mullop-Ullop / Latteung yang Ngambang?. Menurut Becak Siantar, bahwa "Latteung Mullop-Ullop" adalah adalah istilah tentang kotoran manusia yang melintas disungai (kayak angkutan saja melintas heheheh). Biasanya nih, di kampung atau di daerah persawahan, bila Buang Air Besar (BAB) selalu di sungai (maklum tidak ada WC). Karena Latteung yang berwarna kuning dibuang ke sungai tidak akan tenggelam (mullop-ullop) maka disamakanlah dengan kotoran manusia tersebut. Jadi "Latteung Mullop-Ullop" adalah Kotoran Manusia yang melintas diatas air.

Maka sebagian besar orang batak akan merasa sakit hati bila dirinya disebut latteung. Demikianlah tulisan Becak Siantar tentang Pengertian Latteung dan Perumpamaannya. Semoga bermanfaat. Salam. [Becak Siantar]

Referensi :
Latteung Blogspot
loading...

No comments

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.