Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Indonesia vs Laos : Berbagi Nilai dan Berbagi Kartu Merah

BECAK SIANTAR - Indonesia vs Laos : Berbagi Nilai dan Berbagi Kartu Merah. Pagelaran Piala AFF 2012 Grup B antara Indonesia Vs Laos yang digelar di Stadion Bukit Jalil Malaysia telah selesai (Minggu, 25/11) tepatnya pukul 19.00 WIB. Pertandingan sangat tragis dengan skor akhir 2 - 2. Masing-masing tim mendapat nilai 1.

Indonesia vs Laos : Skor 2 -2, Berbagi Nilai dan Berbagi Kartu Merah, 
Raphael Maitimo Gembira saat Memasukkan Bola Ke gawang Laos
Bola.net
Raphael Maitimo balas gol Laos © AFP
Dari hasil pantauan kami, bahwa kedua tim ini sama-sama mendapatkan kartu merah. Indonesia yang di kenal dengan nama Tim Garuda Merah Putih kehilangan kiper andalannya Endra Prasatya, dan mendapatkan kartu merah pada menit ke 27, wasitpun mengusirnya. Kiper Timnas Indonesia digantikan Wahyu Tri Nugroho kiper cadangan satu-satunya yang dimiliki Indonesia oleh pelatih Nil Maizar, dengan terpaksa Okto Maniani menjadi tumbalnya (kiper cadangan menggantikan Okto). Tim Laos mendapatkan tendangan pinalti yang di eksekusi oleh Khampeng Sayavutti, dan membuahkan hasil gol. Kedudukan pun 0 - 1 untuk sementara.

Pada menit ke 34, Sopha Saysana, salah satu pemain Laos mendapatkan kartu merah dan diusir dari lapangan oleh wasit Lam Ng Kai yang memimpin laga, karena melakukan tekel keras terhadap Andik Vermansyah. Kedua tim, Indonesia vs Laos akhirnya sama-sama berbagi kartu merah dan masing-masing bermain dengan 10 pemain.

Sebelum Babak 1 selesai, pada menit 43, Tim Garuda Merah Putih, Maitimo memasukkan Bola ke gawang Laos. Berawal dari sepak pojok di sisi kanan pertahanan Loas, bola disambut sundulan Bambang Pamungkas. Namun sundulan Bepe masih membentur mistar gawang. Bola rebound hasil sundulan Bepe itu kemudian diteruskan lagi dengan sundulan oleh Raphael Maitimo. Meski tidak terlalu kencang, namun sundulan Maitimo tak bisa dihalau para pemain belakang maupun penjaga gawang Laos. Skor pun imbang 1-1 sampai turun minum.

Sebenarnya Indonesia begitu tampil mendominasi sejak awal pertandingan. Sejumlah serangan yang dibangun oleh Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas, hingga Andik Vermansyah, membuat lini belakang Laos kocar-kacir. Namun kurang tajamnya penyelesaian akhir dari para pemain Indonesia, membuat serangan mereka terbuang percuma.

Di babak kedua, Indonesia tetap mendominasi jalannya laga. Sejumlah serangan Indonesia beberapa kali mengancam gawang Laos. Namun lagi-lagi penyelesaian akhir yang kurang baik, menyebabkan peluang yang tercipta terbuang percuma.

Dan kemudian di tenga serangan yang dilakukan pemain Indonesia, lagi-lagi Laos mencuri gol lewat serangan balik, dan membuat mereka unggul 2-1. Gol kedua Laos tercipta di menit ke-80, lewat kaki pemain pengganti, Keoviengphet Liththideth.

Gol kedua Laos itu berawal dari kesalahan pemain belakang Indonesia yang agak lengah, sehingga bola bisa dicuri oleh Liththideth. Dengan aksi menawan, pemain bernomor punggung 8 itu berhasil melewati hadangan tiga pemain belakang Indonesia, dan kemudian ia mengakhiri aksinya dengan tendangan keras kaki kanan yang membobol gawang Wahyu Tri Nugroho. Skor pun berubah 2-1 untuk keunggulan Laos.

Kemenangan sepertinya sudah menjadi milik Laos, sebelum akhirnya Vendry Mofu menyelamatkan muka timnas Indonesia lewat golnya di menit 89. Gol itu diawali dengan aksi Andik Vermansyah yang melakukan pentrasi ke kotak penalti Laos. Pemain mungil dan lincah itu kemudian mengakhiri aksinya dengan tendangan keras kaki kanan. Sayang bola masih bisa diblok penjaga gawang Laos. Beruntung ada Vendri Mofu yang kemudian langsung menyambar bola muntah, dan mengubah skor menjadi 2-2.

Skor 2-2 ini bertahan hingga peluit akhir, dan Indonesia pun selamat dari kekalahan. Hasil seri ini jelas sangat merugikan bagi Indonesia, karena di dua laga sisa mereka harus menghadapi lawan berat, yakni Singapura dan Malaysia.

Susunan pemain Piala AFF 2012 : Indonesia vs Laos
Indonesia: Endra Prasetya, Handi Ramdhan, Wahyu Wijiastanto, Raphael Maitimo, Novan Setya, Taufiq, Tonnie Cusell, Andik Vermansyah, Oktovianus Maniani, Irfan Bachdim, Bambang Pamungkas

Laos: Sengphachan Bounthisanh, Ketsada Souksavanh, Khampoumy Hanevilay, Souksamay Manhmanyvong, Kovanh Namthavixay, Soukaphone Vongchiengkham, Visay Phaphouvannin, Phatthana Syvilay, Vilayout Sayyabounsou, Sopha Saysana, Khampheng Sayavutthi.


Referensi :
1. Tribunnews
2. Bola.net
loading...

2 comments :

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.