Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Mengganti dan Memilih Template Blog Dengan Benar

BECAK SIANTARMengganti dan Memilih Template Blog Dengan Benar. Bila anda berkecimpung di dunia design website atau blogger, template sudah tidak asing lagi bagi anda. Tentunya saban hari akan selalu berhubungan dengannya. Saya kira demikian adanya.

Apakah template blog itu?
Bagi blogger pemula seperti halnya saya, tentu sangat asing dan baru mendengar tentang template. Oleh karena, saya akan menjelaskan sedikit tentang template blog.

Tampilan / Template Blog Becak Siantar
Tampilan / Template Blog Becak Siantar
Template blog adalah tampilan awal pada blog atau website kita. Misalnya anda membuka blog Becak Siantar, yang muncul pertama kali adalah tampilan laman blog Becak Siantar. Itulah yang namanya template. Dalam duni percetakan surat kabar atau koran, template bisa disamakan dengan Lay-out. Mungkin kira-kira demikian penjelasan singkat dari saya.

Kenapa harus Mengganti Template pada Blog.
Ketika pertama kali kita membuat blog pada blogspot (kita bahas blogger karena saya menggunakan blogger / blogspot), template blog sudah disediakan. Kita tinggal memilih sesuai dengan keinginan kita. Bahkan kita juga bisa mendesain sendiri modelnya walau masih terbatas sederhana (bawaan dari blogger).

Anda mungkin bertanya, Kenapa harus Mengganti Template pada Blog bukan. Sebenarnya banyak alasan yang bisa dikemukan oleh blogger ketika muncul pertanyaan demikian. Disini saya akan memberikan beberapa alasannya :

1. Tidak suka dengan template bawaan dari blogger
Blogger memang menyediakan template bagi penggunanya, biasanya blogger menyebutnya template original /  template bawaan. Karena tampilannya sangat sederhana, kebanyakan nih para blogger tidak suka. Dengan demikian, template blognya diganti dengan yang lain sesuai dengan keingginan si empunya blog.

2. Bosan melihat template karena itu-itu saja.
Ada kecenderungan pemilik blog bosan melihat tampilan blognya. Ibarat kata, suka barang barulah. Ketika melihat tampilan blog orang lain lebih bagus dari blognya, maka muncul ide untuk menggantikan template blognya.

3. Ingin Beda dari Blog lain.
Kadang ketika kita melihat beberapa blog, template blog hampir sama tampilannya. Nah dengan alasan itulah si pemilik blog ingin merubah template blognya dengan yang baru dan berbeda dari blog orang lain.

4. Loading blog sangat berat
Template blog menentukan kecepatan loading dari sebuah blog. Bisa jadi blog yang di kelola ketika di buka sangat berat sekali. Sehingga pengunjung blog tidak suka bahkan tidak mau berkunjung ke blog tersebut karena berat / lama bukanya walau isinya bagus. Ini bisa juga alasan utama mengganti sebuah template blog.

5. Habis masanya / kadaluarsa
Bisa jadi ketika menggunakan template blog yang mempunyai jangka waktu. Misalnya jangka waktu pemakaian template blog 5 tahun atau 1 tahun (tergantung si pembuat / designer blog). Di dalam template itu kan terdapat beberapa link-link (gambar atau file javascript atau code javascript yang disimpan dibeberapa tempat penyimpanan). Kemungkinan file-file tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi (bisa kena banned atau eror / rusak), dengan begitu blog akan terasa tidak normal (bisa berat / bisa juga tampilan blog amburadul). Kemungkinan yang terbaik ya mengganti templatenya lagi dengan yang baru,

6. Suka ganti-ganti template
Si pemilik blog suka sekali gonta-ganti template blog yang dia kelola. Ketika si pemilik blog melihat template blog yang baru, maka dengan secepat kilat dia akan mengganti template blognya. Orang yang seperti ini kerjaanya suka / hobby ganti-ganti tampilan / template blog yang dia kelola (punya).

Alasan 6 sebaiknya jangan anda lakukan. Karena akan mempengaruhi SERP pada blog anda.

Memilih Template Blog dengan benar
Bila anda ingin mengganti template blog anda, sebaiknya pilihlah template yang menurut anda cocok dengan blog anda. Misalnya, bila blog anda seperti koran (berita) on line pilihlah template yang menyerupai situs berita on line. Bila hanya sekedar coretan-coretan sebaiknya pilihlah yang sederhana sesuai dengan isi blog anda.

Ada 3 (dua) cara untuk mendapatkan template blog
1. Berbayar
Anda bisa membeli template blog dari designer website. Anda akan disuguhkan dengan design-design yang ada, dan anda tinggal membayarnya sesuai harga yang tertera. Si pembuat template akan dengan senang hati melayani anda. Ada juga sesuai dengan keinginan anda, artinya anda memiliki ide sendiri lalu anda memesannya lewat designer website. Soal pembayaran sesuai kesepakatan. Template berbayar ini anda diharuskan mengeluarkan uang.

2. Gratis
Selain template berbayar, ada juga template-template blog yang gratisan. Namun kita tidak bisa memilih atau sesuai dengan ide kita. Kita tinggal mengambil template blog yang disediakan oleh si pembuat tanpa harus membayarnya. Tentunya dengan syarat, yaitu anda tidak menghilangkan link si pembuat yang telah disediakan di dalam template tersebut. Tujuannya sih agar kita menghargai si pembuat template.  Cara mendapatkan template gratis silahkan ketik Template Blog Free atau Free Template Blog atau Template Blog Gratis di situs pencari yang anda suka. Misalnya Google atau Yahoo atau Ask. Pasti  banyak bertebaran disana.

3. Buat Sendiri
Bila anda suka atau ahli dalam perancangan webiste, sudah tentu anda bisa membuat template blog. Anda Anda sendiri yang memiliki ide desain dan membuatnya. Bisa juga anda memanipulasi template-template gratisan tadi dan mengganti / menambah / mengurangi beberapa elemen-elemen yang anda suka atau tidak suka. Soal ini tidak perlu dipelasin lagi bukan.

Dari penjelasan ke tiga di atas, maka pilihlah template blog sesuai dengan harapan anda. Kami hanya bisa menyarankan : pilih yang tampilannya bagus dan loadingnya cepat.

Mengganti template saya tidak akan jelaskan lebih jauh, karena anda akan saya arahkan ke sebuh situs yang mejelaskannya lebih dalam. Silahkan  anda langsung saja ke : Cara Mengganti Template Blog Pada Blogspot atau klik disini

Oh iya, Mengganti dan Memilih Template Blog Dengan Benar adalah merupakan salah satu cara untuk mempercantik blog yang kita kelola. Demikian tulisan singkat ini, semoga bisa bermanfaat yah. Selamat mencoba. Salam. [Becak Siantar]
loading...

3 comments :

  1. bagus nie artikel. kadang saya juga bosan sama template blogg saya.

    sukses terus buat nie blog .. ^^

    ReplyDelete
  2. Wah bener gan. kadang kita suka bosan. template ku aja udah diganti lagi minggu kemaren. semoga saja tidak membosankan dan diganti lagi :).

    ReplyDelete
  3. Wah bener gan. kadang kita suka bosan. template ku aja udah diganti lagi minggu kemaren. semoga saja tidak membosankan dan diganti lagi :).

    ReplyDelete

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.