Header Ads

Semua Tentang Batak - Batak Network

Humor Asik Istilah Komputer Ala Bahasa Batak

BECAK SIANTAR - Humor Asik Istilah Komputer Ala Bahasa Batak. Kita memang tahu bahwa komputer sudah dikenal di dunia ini. Orang-orang perkotaan dan terpelajar sudah tahu betul mengoperasikan Komputer. Bahkan menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Baik untuk mengolah data, maupun untuk hiburan.

Humor Asik Istilah Komputer Ala Bahasa Batak
Ilustrasi
Bagaimana dengan di pedesaan? Apakah Komputer sudah di kenal juga. Dan bagaimanakah memperkenalkan komputer kepada masyarakat yang awam akan hal ini? Tentunya ada trik dan cara memperkenalkannya dengan gaya bahasa sendiri.

Pada kesempatan ini, kita ambil contoh memperkenalkan Istilah Komputer ala Bahasa Batak. Oh iya, ini anggap saja sebagai Humor Asik sebagai Olah Raga Wajah. Simak lebih lanjut di bawah ini.

Dalam rangka program komputerisasi masuk desa, khususnya untuk daerah Tapanuli, pemerintah membuat program terjemah istilah-istilah yang dipergunakan pada pengoperasian komputer dengan menggunakan istilah bahasa Batak. Ini dilakukan pemerintah dengan harapan agar lebih gampang dimengerti anak-anak dan natua tua (orang tua) di sana;

Start. : Mula-mula
Log Off. : Haruar
Run : Marlojong
Help : Pagurupion
Find : Jalahi
Setting : Pature
Enter : Lotak
Media player : Pargocci
Anti virus : Putas
Virus : Gilok
Recycle bin : Kode tuak
Remote PC : Dampol tongosan
Document : Pustaha
Favorite : Hasoloman
Program : Siulaon
Mouse : Bagudung saba ma.
Keyboard : Papan silotak-lotakon
Server : Parhobas
Windows : Jaddela
Plug and Play : Pamasuk jala pangolu
Monitor : Sibereng-berengon
Chatting : Marnonang
Hang : Ngongong
Power shutdown : Pamate, pokkik
Welcome to Windows 7: Horas tondi madingin, pir tondi matogu tu Windows 7
Software : Manang ahape halus baen
Delete : sosap
Winzip : pametmethon
Extract : diharhari

Demikianlah Istilah Komputer Ala Bahasa Batak. Selamat belajar ma ateh (yah). Horas ma da. Mauliate alias terimakasih sudah membacanya. Hehehehe.... [Becak Siantar].

Kiriman email dari Anak Batak. Sumber Foto : Mesin Pencari Google
loading...

2 comments :

Berkomentarlah Sesuai Topik. Jangan pasang link atau link tersembunyi di dalam komentar, karena akan kami hapus (pilih Name/URL bila ingin menuliskan URL / Link anda). Kami tidak betanggung jawab Isi komentar anda, oleh karena itu, berlakulah sopan.

Powered by Blogger.